Selasa, 28 Januari 2014

Kintamani



Anjing Kintamani merupakan salah satu ras anjing yang berasal dari Indonesia, tepatnya di pegunungan kintamani, pulau Bali. Anjing Kintamani merupakan salah satu anjing pekerja dengan ukuran yang sedang. Anjing ini sangat loyal kepada pemiliknya. Keunikan anjing kintamani terletak pada bentuk tubuhn dan ekornya sehingga sangant mudah dikenali dibandingkan anjing lokal lainnya. Anjing Kintamani memiliki prilaku yang baik. Dia tidak pernah lupa para orang yang pernah merawatnya. Anjing ini termasuk anjing yang mudah curiga dengan anjing atau hewan lain. Dia bisa menyerang anjing lain yang memasuki wilayahnya. Dia suka sekali menggali tanah untuk perlindungan. Anjing ini sangat dekat dengan keluarga. Dia baik kepada seluruh anggota keluarga di rumah.



Anjing Kintamani memiliki perawakan yang kokoh dan kekar serta Keseimbangan tubuh yang baik. Anjing ini memiliki tinggi sekitar 45-55 cm untuk jantan dan 40-45 untuk anjing betina. Ekornya tinggi tegak membentuk sudut 45˚. Memiliki kaki yang panjang, lurus dan terkesan kekar. Moncong anjing Kintamani proporsional terhadap ukuran dan bentuk kepala. Telinganya tebal berbentuk “V” terbalik. Telinganya berdiri dengan jarak antar telinga cukup lebar. Anjing ini memiliki mata seperti buah almond dengan warna coklat gelap. Anjing Kintamani memiliki bulu yang panjang. Bulu ekornya unik berbentuk seperti kipas. Anjing ini memiliki 4 tipe warna. Yang pertama Putih kemerahan kombinasi coklat kemerahan pada telinga, pada dan ujung ekor. Yang kedua coklat muda dengan moncong berwarna hitam atau sering disebut masyarakat sekitar sebagai warna Bang-bungkem. Yang ketiga Hitam kombinasi putih pada dada. Dan terahir warna coklat dengan kombinasi garis kehitaman yang sering disebut poleng.




Salah satu pembiakan yang ada di Indonesia adalah Balinese Dog Kennel. Pembiakan yang berlokasi di Desa Ketanireng, Kabupaten Pasuruan jawa Timur ini punya sekitar 30 ekor anjing Kintamani yang dibiakkan dan dilatih di sana. Menurut Rudi, salah satu pelatih anjing Kintamani, anjing kintamani hanya bisa dilatih dengan pendekatan emosional yang lebih dibandingkan dengan anjing lainnya. Untuk kesehatan, Anjing Kintamani wajib rutin diberikan vitamin kalk setiap hari. Perhatian ekstra juga diberikan pada perawatan bulu, setidaknya setiap hari bulu anjing kintamani dibersihkan dengan lap basah yang diberi campuran air anti bakteri dan kuman. Dengan perawatan yang baik tersebut, anjing kintamani kini siap menjadi primadona dunia.



Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar