Selasa, 10 Desember 2013

Pakaian adat Minang


Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai macam pakaian adat yang berbeda-beda dengan didasari oleh filosofi yang berbeda-beda pula. Seperti halnya baju pengantin adat Minangkabau.
Sebelumnya, pasti Anda telah mengenal baju pengatin Minang melalui berbagai gambar, artikel, cerita, bahkan mungkin ensikopedia. Tapi tahukah ada makna apa sajakah di balik detail-detail baju pengantin Minang?
Mungkin mengenal baju pengantin Minang secara sepintas lalu saja belum cukup bagi Anda, karena sebenarnya, setiap detail pada baju penganin yang satu ini memiliki makna sebagai berikut:

1. Warna
Beberapa dari  Anda mungkin seringkali mengenal baju adat Minang karea warnanya. Warna busana adat Minang cenderung cerah, hidup dan menyala.


Ya, masyarakat adat Minang memang cenderung lebih suka memilih warna merah dan cerah untuk baju pengantinnya sebagai simbol keceriaan dan kebahagiaan yang diraskan oleh semua pihak yang hadir di acara pernikahan mereka.

2. Akulturasi Tiongkok-Eropa
Jika anda megenal baju adat Minang yang berwarna merah dengan beberapa ornament berwarna emas, sudah pasti ada sesuatu yang terlitas di benak Anda.

Ya, warna pada busana tradisional/baju adat Minang pun ternyata mengadaptasi warna khas busana Tiongkok. Sedangkan beberapa ornamennya terinspirasi dari kebudayaa Eropa
3. Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang
Jika anda megenal baju adat Minang dengan baik, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “rumah gadang” bukan? Rumah gadang di Minang merupkan lambang kebesaran dan kekokohan kekuasaan kaum perempuan yang tidak boleh hancur, rusak ataupun ambruk.

4. Minsie
Bagi Anda yang kurang megenal baju adat Minang dan ornamen-ornamennya, minsie atau tepian baju berwarna emas ini mealambangkan demokrasi Minangkabau yang sangat luas namun tetap memiliki batasan-batasan tertetu.

5. Salempang
Mengenal baju adat Minang berarti kita juga harus mengenal atribut yang satu ini. Salempang, merupakan simbol bagi tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang Limpapeh Rumah Nan Gadang di setiap keluarga sebagai bentuk tanggug jawabnya terhadap masa depan anak dan cucu.
 
Selain kelima atribut di atas, masih banyak lagi atribut-atribut khas baju adat Minang lainnya yang lain. Untuk itulah, kita perlu megenal baju adat minang lebih mendalam dan lebih jauh lagi karena seluruh atribut yang dikenakan oleh kaum perempuannya memiliki filosofi berupa tanggung jawab yang sangat besar yang harus mereka laksanakan sebagai kepala keluarga di tanah Minang yag menganut paham matrilineal ini.



- See more at: http://www.perempuan.com/

0 komentar:

Posting Komentar