Selasa, 10 Desember 2013

Pakaian Adat Bali



Pakaian adat tradisional dari daerah Bali sebenarnya sangat sangat beragam, walaupun kalau di lihat sepintas kelihatannya sama. Tiap-tiap daerah di Bali memiliki ciri khas masing masing dalam hal pakaian tradisional. Untuk melihat status sosial serta status ekonomi orang di Bali bisa diketahui dengan berdasarkan corak baju serta ornamen perhiasan apa yang dipakainya.
Pakaian tradisional daerah Bali untuk Pria
Untuk kelengkapan pakaian adat tradisional yang di kenakan oleh pria Bali yaitu terdiri dari udeng atau ikat kepala, kKain kampuh, umpal atau selendang pengikat, kain wastra atau kain kemben, sabuk, keris serta beragam ornamen perhiasan. Sebagai pelengkapnya sering pula dikenakan baju kemeja, jas serta alas kaki.
Pakaian Adat Tradisional Daerah Bali Untuk Wanita
Sedangkan untuk busana baju tradisional wanita Bali terdiri dari Kain wastra, kain tapih atau sinjang di sebelah dalam, Sabuk prada (stagen), membelit pinggul dan dada, Gelung (sanggul), Selendang songket bahu ke bawah, Sesenteng (kemben songket) serta Beragam ornamen perhiasan. Dari kelengkapan pakaian tradisional untuk wanita Bali tersebut juga sering dikenakan kebaya, kemudian kain untuk penutup dada serta alas kaki untuk pelengkap.

0 komentar:

Posting Komentar